Mengenal Virtual Reality Oculus Rift - Eat Sleep & Jeep

Senin, 20 Agustus 2018

Mengenal Virtual Reality Oculus Rift



Dunia sudah berubah...!
begitu pula dengan teknologi sekarang ini. Sesuatu yang tidak nyata bisa dihadirkan di depan mata kita, persis seperti aslinya, amazing..!! sebut saja teknologi ini dengan Virtual reality.
Nah kali ini kami akan berbagi pengetahuan mengenai virtual reality besutan facebook.

Oculus Rift ini diciptakan oleh Palmer Luckey yang awalnya khusus untuk para penggemar dunia game. Sejak awal diluncurkannya dalam Kickstarter ia mendapat donasi dari backer (donator) yang sebagian besar adalah maniak game. Dan memang Oculus Rift ditujukan awalnya untuk main game, sebagai pengganti layar. Maka tak heran visi utamanya awalnya adalah “satu langkah masuk ke dalam dunia game” karena pengguna akan merasakan benar-benar dalam dunia game tersebut.

Seiring dengan semakin viralnya Oculus Rift, akhirnya Mark Zuck – pemilik Facebook – membelinya dengan nilai USD $2 Milyar. Meski banyak yang menyayangkan pembelian itu, pada akhirnya banyak juga yang menyadari dengan dana tak terbatas dari Facebook, Oculus dapat mempercepat rilis produknya dan juga yang paling penting, Oculus Rift tidak hanya akan digunakan di dunia game, tapi juga dapat diimplementasikan di bidang lainnya.

Oculus Rift adalah output display seperti juga halnya layar komputer yang menampilkan dunia virtual 3 dimensi, hanya saja alat tersebut diletakkan sangat dekat dengan mata disebut juga sebagai VR HMD (Virtual Reality – Head Mounted Display). Dengan desain optik yang tepat dan berkualitas  maka mata kita bisa fokus pada display yang sangat dekat tersebut.


Sebelumnya juga sudah banyak beredar HMD, tetapi tidak ada yang bisa menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi pengguna, antara lain : rasa pusing dan mual jika digunakan dalam jangka waktu lama serta tidak ada mempunyai feel immerse dan presence (merasakan keberadaan di dunia virtual). Oculus menyelesaikan masalah itu semua dengan adanya sensor-sensor dan layar LCD zero latency (tanpa lag) sehingga pengguna secara natural akan merasakan seperti berada dalam dunia virtual.

Sensor utama adalah untuk mendeteksi putaran kepala kemana kita menoleh, dan disitu tampilan layar LCD akan menyesuaikan tanpa jeda instan, sehingga kita benar merasa sedang mengamati di dalam dunia virtual tersebut. Selain itu ada juga sensor yang mendeteksi posisi kepala (dan tubuh), sehingga ketika tubuh kita bergerak ke kanan, kiri depan atau belakang kita benar-benar merasa sedang berjalan-jalan di dalam dunia virtual tersebut.

Oculus Sensor

Sensor ini digunakan untuk menangkap gerakan kita untuk kemudian dijadikan input aplikasi. Hal yang perlu diperhatikan yaitu saat melakukan installasi pertama kali perlu dilakukan konfigurasi posisi sensor dan ketinggian kita saat menggunakan intuitive control

Intuitive Control

Sebagai interface untuk control system, disediakan  2x Oculus Touch controllers, dengan masing masing mengandalkan daya AA batteries, control ini dipergunakan untuk berinteraksi dengan system maupun aplikasi game yang ada.

Recommended Specs

Graphics Card
NVIDIA GTX 1060/AMD Radeon RX 480 or greater
Alternative Graphics Card
NVIDIA GTX 970/AMD Radeon R9 290 or greater
CPU
Intel i5-4590/AMD Ryzen 5 1500X or greater
Memory
8 GB+ RAM
Video Output
Compatible HDMI 1.3 video output
USB Ports
3 x USB 3.0 ports plus 1 x USB 2.0 port
OS
Windows 10



Minimum Specs

Graphics Card
NVIDIA GTX 1050Ti/AMD Radeon RX 470 or greater
Alternative Graphics Card
NVIDIA GTX 960/AMD Radeon R9 290 or greater
CPU
Intel i3-6100/AMD Ryzen 3 1200, FX4350 or greater
Memory
8 GB+ RAM
Video Output
Compatible HDMI 1.3 video output
USB Ports
1x USB 3.0 port, plus 2x USB 2.0 ports
OS
Windows 10


sumber : www.oculus.com
Komentar anda sangat dibutuhkan bagi kemajuan kami untuk terus berkarya. Jika anda menyukai artikel ini silahkan share dengan yang lain , jangan lupa KLIK IKLAN & KIRIM KOMENTAR untuk menambah semangat kami dalam menulis artikel.
Jangan lupa klik IKLAN , Share & Subscribe dibawah.... 
Diharapkan : 
* Berikan komentar dengan bahasa yang baik
* Tidak ada unsur SARA, SPAM, PORNO
* Tidak merugikan orang lain
* Menunjukkan identitas yang jelas bukan Anonim

 Diperkenankan : 
* Komentar promosi link web anda
* Kritik & Saran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar