Panduan Merawat Kucing - RAGIL.info

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 02 November 2017

Panduan Merawat Kucing

PEDOMAN PEMILIK KUCING

Bagi pecinta kucing, tentunya anda menginginkan makanan yang berkualitas untuk kucing kesayangan anda dan setiap kucing tentu belum cocok dengan makanan yang anda berikan berikut pedoman bagi anda yang sangant gemar memelihara kucing.


Kucing itu karnivora loh...

Kucing berbeda dengan manusia yang merupakan omnivore. kucing adalah karnivora sejati dengan tubuh sempurna sesuai dengan dietnya. Memberi kucing makanan Kesehatan , dengan nutrisi yang cocok untuk usianya, ukuran tubuhnya, gaya hidupnya, kepekaan tertentu dan sesuai rasnya, berarti memberikan kontribusi untuk memperpanjang usia harapan hidup dan kesehatannya.
Rahang kucing dirancang untuk memotong, bukan mengunyah. 30 buah gigi tajam-berfungsi untuk memotong. liurnya yang tidak mengandung enzim pencernaan, perut dirancang untuk mencerna makanan yang ditelan dengan cepat.  Kucing mempunyai pola dan perilaku makan  yang sangat spesifik. Kucing makan sekitar 12 - 18 kali sehari, dengan total waktu makan sekitar 30 menit/hari.  Kucing hanya makan beberapa gram makanan setiap kali makan. Makanan mencapai perutnya dalam potongan besar (karena langsung ditelan).
Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi kucing harus dipenuhi oleh diet khusus. Diet ini harus memperhitungkan beberapa kriteria yang berkaitan dengan gaya hidup atau usianya, kesehatan, status seksualnya, sesuai dengan karakter rasnya, dan  sensitivitas  khusus lain, seperti pencernaan atau kulit yang sensitif misalnya. Diet dengan nutrisi spesifik ini bisa untuk menemani kucing sepanjang hidupnya.

Kucing outdoor atau kucing rumahan (indoor)?

Seekor kucing yang  hidup di dalam rumah menghabiskan sedikit energi.  Kucing  dengan berat badan  3.5 kg, tidak aktif, tanpa kelebihan berat badan, memerlukan asupan normal sekitar 50 g makanan kering/hari, dengan kandungan energi sekitar 350 kcal/100 g. 
Untuk beberapa kucing dengan kecenderungan untuk selalu aktif dan sibuk,  penting untuk menyediakan  jumlah energy yang cukup setiap hari. Pada saat yang sama, memilih makanan Kesehatan dengan kepadatan energi yang moderat sangat penting untuk mencegah kelebihan berat badan, Terutama pada kucing yang disterilisasi (dikebiri atau dioperasi Rahim dan indung telurnya). Sterilisasi mengurangi sekresi hormon seksual namun merangsang nafsu makan kucing. Berat badannnya bisa meningkat  sebanyak 30% dalam bulan-bulan pertama setelah sterilisasi.
Seekor kucing yang keluar rumah secara teratur  membutuhan energi yang lebih tinggi, sekitar 70 kkal / kg / hari. Kebutuhan ini meningkat sesuai dengan waktu yang dihabiskan di luar rumah, luas wilayah yang dijelajahinya, dan variasi iklim sepanjang tahun. Namun, diet kucing tidak ditetapkan  sekali  untuk selamanya. Banyak kucing outdor berubah menjadi kucing “indoor”  ketika musim dingin tiba!
Seekor kucing dewasa menggunakan 30 % waktu terjaga untuk menjilati rambutnya. Rambut yang tertelan akan dibuang melalui usus. Aktivitas grooming ini meningkatkan risiko pembentukan hairball di saluran pencernaan.

Sesuai rasnya

Meskipun kucing ras lebih mudah untuk hidup  di dalam rumah (indoor), kebutuhan mereka berbeda, sesuai  konstitusi dan penampilan mereka.  Maine Coon dengan berat 10 kg, rambut medium dan rahang yang kuat, kucing siam dengan rambut pendek dan semua semua otot aktif, Persia dengan rambut panjang, leher pendek dan kepala bulat besar dan Sphinx kucing tanpa rambut, kebutuhan nutrisinya  tidak sama.
Misalnya, Sphinx akan memerlukan diet energi tinggi untuk mempertahankan berat dan bentuk badannya. Sedangkan Persia harus diberikan makanan yang bentuknya kibblenya cocok untuk rahangnya dan nutrisi yang bisa menjaga kesehatan rambutnya.
.
Sesuai umurnya

Rata-rata umur kucing adalah 14 tahun, tapi kucing berumur lebih dari 20 tahun bukanlah sesuatu yang langka. Perawatan yang lebih baik bisa ikut memperpanjang harapan hidup kucing dan peningkatan kualitas hidup kucing. Penuaan selalu disertai penurunan sistem pertahanan kekebalan tubuh dan penuruna kemampuan asimilasi, ditandai dengan hilangnya nafsu makan. Mengunyah menjadi lebih sulit. Tubuh sebaiknya didukung oleh nutrisi kesehatan royal canin untuk kucing senior. Keunggulan lain makanan ini, mempunyai tekstur yang lebih lunak, diperkaya vitamin dan penigkatan palatabilitas.

Sesuai sensitivitas tertentu

70% dari kucing yang berumur lebih dari 3 tahun menderita masalah gigi. Penyakit ini sering luput dari perhatian, sementara rasa sakit dirasakan kucing mungkin memiliki konsekuensi serius terhadap perilaku kucing dan kesehatan secara  umum. Diet dapat membantu menjaga kesehatan gigi yang baik. Memang, menggunakan kibble yang ukuran dan tekstur tertentu mendorong kucing untuk mengunyah  dan memungkinkan makanan “menyikat secara mekanis” permukaan gigi dan memperlambat perkembangan plak (karang gigi).

Berikut adalah video kucing local yang kami pelihara dari kecil dan diberi makan royal canin, whiskas dan pindang kukus super.

sumber : www.royalcanin.co.id

Jika anda menyukai artikel ini silahkan share, like dan jangan lupa Subscribe youtube channel kami dibawah ini.
Jangan lupa klik like , Share & Subscribe dibawah ya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad